Hari Ini:

Kamis 26 May 2016

Jam Buka Toko:

08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0819 3980 0407

SMS/Whatsapp:

0819 3980 0407

Line ID:

dokterandini

BB Messenger:

552DF241

Email:

andini@drandini.com

LAYANAN SUPPORT DAN KONFIRMASI

PIN BB : 5F55C21A
SMS / WA : 0877 5293 8290
(tidak melayani konsul)

  • Pengiriman order setiap hari pukul 16.00 WIB via JNE
  • Sabtu - Minggu & hari besar tutup
  • Order yang masuk pada hari Sabtu - Minggu akan diproses hari Senin berikutnya.

Pembayaran Melalui

Rek : 0183914101
An. dr Harida Andinisari
Rek : 0174775060
An. dr Harida Andinisari

Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih

23 January 2013 - Kategori Blog

Berhati-hatilah dalam menggunakan cream pemutih wajah (whitening cream). Tidak semua cream pemutih memiliki kualitas baik, sekalipun berharga mahal. Penggunaan cream pemutih yang salah atau tidak cocok bisa menyebabkan kulit wajah menipis.

Penipisan kulit wajah ini di dunia medis sering disebut telangiectasia rosacea. Gejala ini bisa dilihat dari pembuluh kapiler darah pada lapisan dermis yang menjadi tampak transparan. Semakin lama penampakan kapiler darah ini semakin jelas, sehingga sangat mengganggu ‘pemandangan’. Umumnya kalau diraba dengan jari, kulit menjadi lebih sensitif dan terasa sedikit perih. Jika Anda mengalami hal itu, saran saya hanya satu: Hentikan pemakaian cream tersebut segera!

Kulit yang mengalami telangiectasia rosacea.

Apakah penipisan ini bisa pulih kembali? Ya. Kulit wajah Anda bisa kembali normal seperti semula namun memerlukan waktu sekitar beberapa minggu.

Mengapa beberapa jenis cream bisa menyebabkan penipisan kulit wajah?

Cream pemutih tertentu memang bekerja lebih cepat memutihkan wajah Anda. Tetapi kandungan bahan tertentunya bekerja seperti ‘ampelas kimiawi’ akan ‘menggerus’ epidermis kulit hingga ke lapisan granulosum. Lapisan granulosum inilah yang bertanggung jawab membentuk pigmen kulit yang disebut melanin. Makin banyak melanin terbentuk, makin hitamlah kulit Anda.

Jika ‘penggerusan’ epidermis hingga ke lapisan granulosum ini terjadi, maka kulit Anda menjadi lebih putih karena terjadi pengurangan melanin. Tapi, ya itu tadi, kulit wajah Anda menjadi menipis. Lihat gambar penampang kulit di bawah ini.

Penampang kulit manusia

Apabila penipisan tersebut berlanjut akan berpotensi menyebabkan terjadinya mikrolesi, yaitu suatu luka kecil yang tidak dapat dilihat mata telanjang. Pada kasus yang lebih parah kapiler bisa bocor sehingga menyebabkan infeksi pada kulit wajah, karena lapisan epidermis telah menipis dan tidak lagi bisa menghambat masuknya kuman.

Lepas dari masalah genetis (keturunan), sebaiknya Anda memilih cream pemutih yang aman. Cream pemutih yang aman bekerja dengan cara menghambat produksi melanin oleh melanosit (sel pembentuk melanin) pada lapisan granulosum. Berkurangnya produksi melanin ini akan membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan cerah.

Agar hasil pencerahan wajah tersebut tetap terjaga, biasakan menggunakan sunblock (sunscreen) saat beraktifitas di luar ruangan untuk menghalangi pengaruh sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet inilah yang merangsang melanosit sehingga memproduksi melanin lebih banyak, dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi gelap dan kusam.

Banyak dicari :