Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih

 

Berhati-hatilah dalam menggunakan cream pemutih wajah (whitening cream). Tidak semua cream pemutih memiliki kualitas baik, sekalipun berharga mahal. Penggunaan cream pemutih yang salah atau tidak cocok bisa menyebabkan kulit wajah menipis.

Penipisan kulit wajah ini di dunia medis sering disebut telangiectasia rosacea. Gejala ini bisa dilihat dari pembuluh kapiler darah pada lapisan dermis yang menjadi tampak transparan. Semakin lama penampakan kapiler darah ini semakin jelas, sehingga sangat mengganggu ‘pemandangan’. Umumnya kalau diraba dengan jari, kulit menjadi lebih sensitif dan terasa sedikit perih. Jika Anda mengalami hal itu, saran saya hanya satu: Hentikan pemakaian cream tersebut segera!

FastStoneEditor Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih

Kulit yang mengalami telangiectasia rosacea.

Apakah penipisan ini bisa pulih kembali? Ya. Kulit wajah Anda bisa kembali normal seperti semula namun memerlukan waktu sekitar beberapa minggu.

Mengapa beberapa jenis cream bisa menyebabkan penipisan kulit wajah?

Cream pemutih tertentu memang bekerja lebih cepat memutihkan wajah Anda. Tetapi kandungan bahan tertentunya bekerja seperti ‘ampelas kimiawi’ akan ‘menggerus’ epidermis kulit hingga ke lapisan granulosum. Lapisan granulosum inilah yang bertanggung jawab membentuk pigmen kulit yang disebut melanin. Makin banyak melanin terbentuk, makin hitamlah kulit Anda.

Jika ‘penggerusan’ epidermis hingga ke lapisan granulosum ini terjadi, maka kulit Anda menjadi lebih putih karena terjadi pengurangan melanin. Tapi, ya itu tadi, kulit wajah Anda menjadi menipis. Lihat gambar penampang kulit di bawah ini.

FastStoneEditor Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih

Penampang kulit manusia

Apabila penipisan tersebut berlanjut akan berpotensi menyebabkan terjadinya mikrolesi, yaitu suatu luka kecil yang tidak dapat dilihat mata telanjang. Pada kasus yang lebih parah kapiler bisa bocor sehingga menyebabkan infeksi pada kulit wajah, karena lapisan epidermis telah menipis dan tidak lagi bisa menghambat masuknya kuman.

Lepas dari masalah genetis (keturunan), sebaiknya Anda memilih cream pemutih yang aman. Cream pemutih yang aman bekerja dengan cara menghambat produksi melanin oleh melanosit (sel pembentuk melanin) pada lapisan granulosum. Berkurangnya produksi melanin ini akan membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan cerah.

Agar hasil pencerahan wajah tersebut tetap terjaga, biasakan menggunakan sunblock (sunscreen) saat beraktifitas di luar ruangan untuk menghalangi pengaruh sinar ultraviolet matahari. Sinar ultraviolet inilah yang merangsang melanosit sehingga memproduksi melanin lebih banyak, dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi gelap dan kusam.

Praktisi kesehatan berputeri tunggal. Suka membaca,selalu belajar, dan berpartisi aktif dalam dunia kesehatan. Saat ini tinggal di Surabaya bersama keluarga kecilnya.

Tagged with: , , , , , , ,
Posted in KECANTIKAN DAN KESEHATAN
3 comments on “Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih
  1. Indah Triasti says:

    Hi Dr Andini,
    Perkenalkan,saya Indah,usia 47th..sedang mengginakam perawatan dokter..kulit saya mengalami penipisan pembuluh darah muncul dan flek hitam di sekitar dahi,pelipis dan pipi..kulit menjadi sensitif,bagaimana cara mengatasinya..terimakasih

  2. Widisca says:

    Saya punya masalah kulit, yg sama spt yg dipaparkan diatas yaitu tentang telangiectasia rosacea pada wajah saya. Awal muka saya jerawatan banyak sekali dan sampe skrg masih jerawat dan saya sudah berobat ke erha 21 utk menghilangkan jerawat saya, alhasil jerawat mulai berkurang tp malah tumbuh masalah baru yaitu timpulnya memerah dipipi saya spt urat2 kecil yg melebar didlmnya, dokter erha menganjurkan saya bwt terapi laser v beam utk menghilangnya, tp saya masih takut, apa yg sebaikny saya lakukan dok? Mohon bantuan nya dokter.. klu saya blh minta no kontak person dimana saya bs komunikasi lbh sama dokter, terimakasi banyak..

    • Dr. Andini says:

      Setahu saya laser beam tidak bisa menghilangkan masalah itu. Justru bisa menyebabkan tambah tipis. Kapiler yang tampak disebabkan karena penipisan kulit. Untuk penyembuhannya harus memberi kesempatan kulit melakukan regenerasi. Ini perlu waktu antara 3-6 bulan atau lebih dan tiap orang beda. Sebaiknya gunakan produk yang aman/soft supaya kulit bisa melakukan recovery sendiri.

1 Pings/Trackbacks for "Kulit wajah menipis karena menggunakan cream pemutih"
  1. [...] Produk tersebut meskipun terkenal, memang berefek samping menyebabkan penipisan kulit wajah sehingga pembuluh darah di wajah tampak. Ini yang disebut telangiectasia rosacea (silahkan baca di sini: http://drandini.com/kulit-wajah-menipis-karena-menggunakan-cream-pemutih/) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>